win imi nz 700

Visa New Zealand

win imi nz 700Kekuatiran paling besar dari aksi nekad membeli tiket 8 bulan sebelumnya adalah penolakan visa, baik itu visa New Zealand maupun visa Australia. Sering banget denger orang-orang bilang bahwa visa Oz dan Nz itu susaaahhh didapat. Karena itu, sebelum saya serius hunting tiket, saya melototin bolak balik blog & website tentang persyaratan visa dulu.

Dari hasil survey, visa Nz itu gampang asalkan persyaratan dipenuhi, visa Australia yang lebih diluar prediksi, ada yang persyaratannya sudah lengkap ternyata ditolak, ada rumor bilang kalo passport kosong ga bisa masuk, tapi ada juga yang lolos dengan santai. Saya akan menulis tentang visa transit Australia setelah ini.

Seperti yang sudah saya mention sebelumnya, ada baiknya dicek dulu persyaratan meminta visa sebelum merencanakan ke New Zealand. Karena ada yang bisa diakalin kalo ternyata kita belum bisa penuhi, misalkan dana. Kalo kita mampu memenuhi persyaratan apply visa yang diminta, maka beli tiket confirmed bisa lebih yakin dijalankan.

Anyway, pengalaman setiap orang bisa berbeda-beda. Saya cuma men-sharingkan pengalaman mengurus visa New Zealand sendiri bersama suami, yang bagi saya ternyata gampang banget dan ga banyak cing cong. Di-approved visanya atau engga itu terserah pihak kedutaan deh.

Here’s the requirement for applying NZ visa for visitor travels under 6 months :

1. Mengisi form aplikasi 1189, khusus untuk warga Indonesia yang traveling ke Nz dibawah 6 bulan.

Form bisa didownload via website imigrasi nz : www.immigration.govt.nz, atau di sini. Di lokasi juga tersedia form lengkap yang bisa diambil. Untuk pasangan suami istri, bisa diisi hanya 1 form saja.

2. Pas foto terbaru 2 lembar ukuran paspor 3.5 x 4.5 cm, berwarna, close up, latar belakang polos.

3. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan.

Saya baca di blog ada yang menganjurkan paspor kita jangan kosong apabila kita meng-apply visa nz, minimal ke Singapura atau Malaysia. Tapi teman saya paspor kosong diterima juga di Australia. So, sepertinya tidak pengaruh juga ya? In my case, paspor kita memang tidak kosong.

4. Bukti keuangan bahwa kita bisa mensupport keberadaan kita di Nz, dalam bentuk :

  • copy print 3 bulan tabungan, dengan saldo minimal NZD 1000, apabila belum membayar biaya akomodasi, NZD 400 apabila sudah membayar biaya akomodasi.
  • saya juga menyertakan bukti booking campervan, kartu kredit & asuransi… bagi saya mending apply lebih dibanding kurang, dan menyatakan kalo kita punya dana ke sono deh.

Salah satu rahasia umum penolakan visa karena cashflow dana kita aneh, misalkan 1 bulan sebelumnya mendadak tabungan kita jadi ‘kaya’. So, kalo memang kita memerlukan pinjaman dana dari ortu atau teman misalkan, make sure mulai ditambahkan 3 bulan sebelumnya.

5. Apabila mempunyai sponsorship di Nz, maka harus disertakan form aplikasi yang diisi oleh sponsor + copy bukti identitas sponsorship.

6.a Bukti surat keterangan kerja & permohonan cuti dari perusahaan untuk pegawai, atau

b. Fotocopy Bukti kepemilikan usaha apabila kamu mempunyai usaha sendiri (SIUP & TDP), sertakan aslinya untuk pengecekan saja apabila copy surat tidak dilegalisir.

7. Fotocopy Kartu Keluarga, sertakan aslinya untuk pengecekan saja apabila surat tidak dilegalisir.

8. Fotocopy Akta Nikah untuk pasangan suami istri, sertakan aslinya untuk pengecekan saja apabila surat tidak dilegalisir.

9. Itinerary, dalam bentuk :

  • Tiket pulang pergi
  • susunan jadwal perjalanan selama di Nz.

Khusus untuk tiket, disarankan hanya mem-booking saja sehingga kalau visa ditolak, kita tidak rugi biaya pesawat. Tetapi sulit sekali bagi budget traveling seperti saya, yang mengincar tiket murah sejak 1 taon sebelumnya. Wong bisa ke sono aja kan gara2 tiketnya murah (I will share about hunting ticket later). So, dengan modal iman tingkat dewa, saya bayar full semua tiket untuk 3 orang!!

Dan mengenai susunan jadwal perjalanan, I’m so proud of my itinerary yang super duper lengkap deh… almost 20 pages summary! From route, budget, where to sleep, things to do, transport sampe the best restaurat list per region! Makanya ane bilang bisa bikin buku traveling abis ini hihi…

 10. Membayar biaya visa Rp 1.250.000 / form. (bisa cash ataupun credit card)

Sejak Juli 2012, biaya visa naik. Tadinya saya mau apply visa di tgl 1 Juli, begitu membaca pengumuman di website kalo biaya visa naik, langsung kita apply di tgl 28 Juni :D… lumayan, kita masih membayar harga lama Rp 1,1 jt saja.

Pengajuan visa Nz ada di :

Immigration New Zealand
Sentral Senayan 2 Building, 10th Fl
Jl. Asia Afrika No.8, Gelora Bung Karno
Senayan, Jakarta Pusat 10270
INDONESIA
Phone: +62 21 5795 4120
Fax: +62 21 5795 4124
Office Hours: Mon to Thurs: 8.00am-11.30am and 1.00pm-3.00pm
Friday: 8.00am-11.30am

Kalau penyerahan visa diwakili oleh orang lain, kudu kasi surat kuasa sama fotocopy ktp kita & orang yang bersangkutan. Sedangkan untuk pengambilan visa cukup dengan bukti pembayaran dokumen saja, makanya jangan sampe ilang.

Gedungnya persis di sebelah Plaza Senayan. Saya sampe terheran2 melihat begitu simpelnya imigrasi nz ini. Sepi, staf-nya cuma seorang bapak tua yang megecek dokumen kita, securitynya super ramah dan tidak ada screening yang ribet. Karena belum pernah meminta visa secara personal sebelumnya, saya pikir ada interview segala, ternyata engga tuh.. abis nyerahin dokumen selesai urusannya. Kita cuma butuh 1/2 jam saja.

Waktu approved visa adalah minimal 7 hari kerja. Visa bisa dicek keberadaannya dengan menelepon ke imigrasi dengan memberikan nomor paspor kita.

Ga sabaran abis de nungguin nih visa keluar. Sambil terus berdoa sama Bapa di surga minta kesabaran dan tetap punya iman setinggi2nya supaya hati tenang ga dag dig dug mulu… abisnya kalo ga diapproved..aduh… nangis bombay pun ga cukup sepertinya…

And thanks God visa kita diapproved persis 7 hari kerja! Waktu liat sticker di paspor yang tertulis visa berlaku sampe Desember 2012, rasanya langsung pengen lompat2 di imigrasi, tapi cuma bisa senyum2 jaim saja sama pak security.

So, apabila teman2 mau berangkat ke Nz.. sepertinya tidak perlu menggunakan travel agent karena visa Nz ternyata cukup gampang untuk diurus. Well…semoga tulisan ini berguna bagi yang memerlukannya yaa….

 

44 comments

    • Suhanti

      Hello, Dannis.

      Thank you ya uda mampir di blog. Sorry reply agak telat nih, itinerary saya uda entah kemana… uda 3 taon yang lalu soalnya. Have fun ya travelingnya.

  1. jasmine

    Mau tanya nih klo transit di australinya cmn 6 jam kan ga perlu visa transi, tapi kalau tiba2 pesawat delay gimana ya… Ap mending bikin aj, trus bisa pake jasa kurir aja ga ya utk pengiriman betkasnya karna saya posisi di balikpapan

    • Suhanti

      Hello, Jasmine.

      Thank you uda mampir di blog. Untuk transit tanpa visa saya juga belum punya pengalaman, mending langsung telpon ke kedutaan australia buat tanya2 biar aman. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>