Visa New Zealand
33

Visa New Zealand

Kekuatiran paling besar dari aksi nekad membeli tiket 8 bulan sebelumnya adalah penolakan visa, baik itu visa New Zealand maupun visa Australia. Sering banget denger orang-orang bilang bahwa visa Oz dan Nz itu susaaahhh didapat. Karena itu, sebelum saya serius hunting tiket, saya melototin bolak balik blog & website tentang persyaratan visa dulu.

Dari hasil survey, visa Nz itu gampang asalkan persyaratan dipenuhi, visa Australia yang lebih diluar prediksi, ada yang persyaratannya sudah lengkap ternyata ditolak, ada rumor bilang kalo passport kosong ga bisa masuk, tapi ada juga yang lolos dengan santai. Saya akan menulis tentang visa transit Australia setelah ini.

Seperti yang sudah saya mention sebelumnya, ada baiknya dicek dulu persyaratan meminta visa sebelum merencanakan ke New Zealand. Karena ada yang bisa diakalin kalo ternyata kita belum bisa penuhi, misalkan dana. Kalo kita mampu memenuhi persyaratan apply visa yang diminta, maka beli tiket confirmed bisa lebih yakin dijalankan.

Anyway, pengalaman setiap orang bisa berbeda-beda. Saya cuma men-sharingkan pengalaman mengurus visa New Zealand sendiri bersama suami, yang bagi saya ternyata gampang banget dan ga banyak cing cong. Di-approved visanya atau engga itu terserah pihak kedutaan deh.

Here’s the requirement for applying NZ visa for visitor travels under 6 months :

1. Mengisi form aplikasi 1189, khusus untuk warga Indonesia yang traveling ke Nz dibawah 6 bulan.

Form bisa didownload via website imigrasi nz : www.immigration.govt.nz, atau di sini. Di lokasi juga tersedia form lengkap yang bisa diambil. Untuk pasangan suami istri, bisa diisi hanya 1 form saja.

2. Pas foto terbaru 2 lembar ukuran paspor 3.5 x 4.5 cm, berwarna, close up, latar belakang polos.

3. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan.

Saya baca di blog ada yang menganjurkan paspor kita jangan kosong apabila kita meng-apply visa nz, minimal ke Singapura atau Malaysia. Tapi teman saya paspor kosong diterima juga di Australia. So, sepertinya tidak pengaruh juga ya? In my case, paspor kita memang tidak kosong.

4. Bukti keuangan bahwa kita bisa mensupport keberadaan kita di Nz, dalam bentuk :

  • copy print 3 bulan tabungan, dengan saldo minimal NZD 1000, apabila belum membayar biaya akomodasi, NZD 400 apabila sudah membayar biaya akomodasi.
  • saya juga menyertakan bukti booking campervan, kartu kredit & asuransi… bagi saya mending apply lebih dibanding kurang, dan menyatakan kalo kita punya dana ke sono deh.

Salah satu rahasia umum penolakan visa karena cashflow dana kita aneh, misalkan 1 bulan sebelumnya mendadak tabungan kita jadi ‘kaya’. So, kalo memang kita memerlukan pinjaman dana dari ortu atau teman misalkan, make sure mulai ditambahkan 3 bulan sebelumnya.

5. Apabila mempunyai sponsorship di Nz, maka harus disertakan form aplikasi yang diisi oleh sponsor + copy bukti identitas sponsorship.

6.a Bukti surat keterangan kerja & permohonan cuti dari perusahaan untuk pegawai, atau

b. Fotocopy Bukti kepemilikan usaha apabila kamu mempunyai usaha sendiri (SIUP & TDP), sertakan aslinya untuk pengecekan saja apabila copy surat tidak dilegalisir.

7. Fotocopy Kartu Keluarga, sertakan aslinya untuk pengecekan saja apabila surat tidak dilegalisir.

8. Fotocopy Akta Nikah untuk pasangan suami istri, sertakan aslinya untuk pengecekan saja apabila surat tidak dilegalisir.

9. Itinerary, dalam bentuk :

  • Tiket pulang pergi
  • susunan jadwal perjalanan selama di Nz.

Khusus untuk tiket, disarankan hanya mem-booking saja sehingga kalau visa ditolak, kita tidak rugi biaya pesawat. Tetapi sulit sekali bagi budget traveling seperti saya, yang mengincar tiket murah sejak 1 taon sebelumnya. Wong bisa ke sono aja kan gara2 tiketnya murah (I will share about hunting ticket later). So, dengan modal iman tingkat dewa, saya bayar full semua tiket untuk 3 orang!!

Dan mengenai susunan jadwal perjalanan, I’m so proud of my itinerary yang super duper lengkap deh… almost 20 pages summary! From route, budget, where to sleep, things to do, transport sampe the best restaurat list per region! Makanya ane bilang bisa bikin buku traveling abis ini hihi…

 10. Membayar biaya visa Rp 1.250.000 / form. (bisa cash ataupun credit card)

Sejak Juli 2012, biaya visa naik. Tadinya saya mau apply visa di tgl 1 Juli, begitu membaca pengumuman di website kalo biaya visa naik, langsung kita apply di tgl 28 Juni :D… lumayan, kita masih membayar harga lama Rp 1,1 jt saja.

Pengajuan visa Nz ada di :

Immigration New Zealand
Sentral Senayan 2 Building, 10th Fl
Jl. Asia Afrika No.8, Gelora Bung Karno
Senayan, Jakarta Pusat 10270
INDONESIA
Phone: +62 21 5795 4120
Fax: +62 21 5795 4124
Office Hours: Mon to Thurs: 8.00am-11.30am and 1.00pm-3.00pm
Friday: 8.00am-11.30am

Kalau penyerahan visa diwakili oleh orang lain, kudu kasi surat kuasa sama fotocopy ktp kita & orang yang bersangkutan. Sedangkan untuk pengambilan visa cukup dengan bukti pembayaran dokumen saja, makanya jangan sampe ilang.

Gedungnya persis di sebelah Plaza Senayan. Saya sampe terheran2 melihat begitu simpelnya imigrasi nz ini. Sepi, staf-nya cuma seorang bapak tua yang megecek dokumen kita, securitynya super ramah dan tidak ada screening yang ribet. Karena belum pernah meminta visa secara personal sebelumnya, saya pikir ada interview segala, ternyata engga tuh.. abis nyerahin dokumen selesai urusannya. Kita cuma butuh 1/2 jam saja.

Waktu approved visa adalah minimal 7 hari kerja. Visa bisa dicek keberadaannya dengan menelepon ke imigrasi dengan memberikan nomor paspor kita.

Ga sabaran abis de nungguin nih visa keluar. Sambil terus berdoa sama Bapa di surga minta kesabaran dan tetap punya iman setinggi2nya supaya hati tenang ga dag dig dug mulu… abisnya kalo ga diapproved..aduh… nangis bombay pun ga cukup sepertinya…

And thanks God visa kita diapproved persis 7 hari kerja! Waktu liat sticker di paspor yang tertulis visa berlaku sampe Desember 2012, rasanya langsung pengen lompat2 di imigrasi, tapi cuma bisa senyum2 jaim saja sama pak security.

So, apabila teman2 mau berangkat ke Nz.. sepertinya tidak perlu menggunakan travel agent karena visa Nz ternyata cukup gampang untuk diurus. Well…semoga tulisan ini berguna bagi yang memerlukannya yaa….

33 Comments »

33 thoughts on “Visa New Zealand

  1. Dear Mba Suhanti

    Thanks ya atas sharenya ttg NZ! Saya jadi smangat nabung nih :D kebetulan saya sudah bli tiket oneway dr Sing ke Auckland dengan JetStar untuk bulan Maret 2014, karna baru mampu bli one way.. hehehe..

    Berdasarkan pengalaman saya ke Jepang tahun kemarin, hal terpenting adalah itinerary komplit sm surat dr perusahaan, oya dan rekening tabungan.. klo saya sih pke rekening yang dijadiin transferan gaji (bukan rekening payroll loh!) kan ketauan tuh cashflownya tiap bulan.. hehehe..

    Btw, saya liat postingannya mba waktu ke NZ.. Wuihhhh bikin sirik to the max!

    • hello Utiee, tenkiu ya uda mampir di blog.

      wah pokoke asyik deh di nz, sampe hari ini saya masih kebayang2 milford sound yang ga keburu disamperin huhu… one day i’ll be back! :)

      • Hi Mba Suhanti, long time no see! aku mampir ke blog ini terakhir 1/2 tahun lalu ya. Hahahaha

        Akhir Maret ini aku berangkat ke New Zealand, tepatnya kota Queenstown. Visa juga sudah dikantong, hehehe ;)

        FYI aja sihh, makasih atas inspirasinya :D

  2. Mbak suharti, thanks banget buat tulisan2nya ttg travelling ke NZ ini, saya jadi terinspirasi. Saya mau ke NZ besok oktober, sudah book flight PP, hostel via BBH, dan book beberapa tour Lord of the Rings. Kalau saya baca, mbak kan driving along NZ ya, kalau publc transport disana gmn si, saya lihat Intercity Bus kok rada mahal ya.. mohon sarannya :D

    • hello Lamda,

      thanks uda mampir di blog. Oktober itu cuacanya enak, uda ga terlalu dingin dan berangin mustinya.
      Waktu di NZ, entah karena saya ga mudeng apa memang jarang banget ngeliat rombongan turis plus tour bus. Jarang banget juga ngeliat public transportnya. Kebanyakan teman2 yang berangkat rata2 menyewa kenderaan sendiri, terutama karena setirnya di sebelah kanan persis Indonesia dan ga memerlukan SIM international.
      Jadinya saya kurang ngerti mengenai public transport. Mohon maapp…

  3. Hello, mba suhanti, skrg saya dag dig dug der nunggu keputusan visa NZ saya grated or refused, saya keburu pake agent, saya pake sponsor dr Citizen NZ dg form 1025, Ticket juga udah beli PP skrg tinggal deg deg an, kira2 di setujui ga ya…ngeri juga euy, tp agent saya belum kasi no resi nya, cara ngecek nya gmn ya mba? pengen cepet2 denger kabar nih…hehehe

    • Hello Novia,

      tenkiu ya uda mampir di blog. Gimana uda keluar belon visanya? waktu itu 7 hari kerja waktu saya applied. Bisa telpon ke Avac langsung en ks tau aja no. registrasinya (biasanya dikasi sama orang avac), nanti dikasi tau proses visanya uda sampe mana.

      Good luck! Cheers!

  4. Dear Mba Suhanti
    seneng deh respon nya cepet bgt, No register belom di kasi oleh agent saya, saya masukin ke agent tgl 19 July, mgkn skrg tgl 26 July udah ada no registrasinya ya, klo lewat no pasport bisa ga ya mba? iissh bener deg deg an juga ya….
    thank u banget dear

    • Oitt Novia,
      haha…ga sabaran ya nunggu visa, mustinya minggu depan uda beres sih. Saya ga tau pake no. passport bisa ga tuh, coba aja telepon kali2 bisa dikasi tau. :)

  5. Hai mbak Suhanti..
    Thanks infonya ya… Aku udah cek ke website imi-nya NZ, di form checklist-nya ada wanti2 jangan beli tiket dulu *ditulis dengan huruf besar* hehehe.. Enaknya gimana ya, aku lumayan pede sih udah pernah ke ausie dan syarat2 utk NZ kayaknya lewat semua.. mikir2 mau beli tiket dulu takut juga berhubung bawa rombongan keluarga dan mertua… besar banget nilai tiketnya kalo sampe ditolak visanya, bisa nangis bombay 7 hari 7 malam.. hihi

    Oya, denger2 untuk sewa mobil SIM A indo berlaku ya asal ada terjemahan dari sworn translator?

    Cheers,
    Agung

    • Hello agung,

      Tenkiu sebelonnya uda mampir di blog. Buat traveller budget macam saya, beli tiket jauh2 hari mau ga mau musti dilakukan, perbedaan harga bisa sampe 1/2-nya. Untuk Nz saya browsing di blog manapun en pengalaman teman2 yang ada, asalkan semua syarat bisa dipenuhi, belon ketemu ada yang ditolak. Kalo Oz, iya tuh beberapa teman yang punya record bagus banget + syarat dipenuhi bisa ditolak.

      Tapi itu saya lo ya. kalo memang kamu kuatir, lebih baik pake booking aja penerbangan standar. kalo sampe ditolak, tiket kan bisa dicancel, jadi ga terlalu sakit hati…yaa ada harga ada barang hehe…

      Untuk SIM, kita cuma terjemahin sendiri doang :)

  6. iya nih blog mba suhanti, bener2 lengkap kap di kasi petunjuk dr A- Z, ooh Visa NZ jarang ada yg ditolak ya mba..syukur deh kalau begitu, almost 2 week nih nunggu hasil..kata agent sih kemungkinan krn high season jd lama…waduh mana udah mau libur lagi….deg deg an nya belum habis habis nih….

    • Hello, Novia. Tenkiu uda mampir di blog.

      menurut survey pribadi sih begitu, belum ada kasus yang ditolak karena mau berlibur ke sono, dengan syarat semua persyaratan lengkap. Banyak2 berdoa aja biar semuanya lancar :D

  7. Mba Suhanti, finally i got my Visa….yippiee….thank u ya mba atas advice and saran nya…love u darling

  8. Halo Mba Suhanti,

    Ada yang mau saya tanya, kalo mengenai SIM A itu, perlu sworn translatter, itu maksut nya gmn yah?

    • hello, tenkiu uda mampir di blog yaa…

      sorry replynya agak telat. Secara formal, mengendarai mobil di NZ itu tidak memerlukan sim international, cukup SIM A kita dengan terjemahan ke bahasa inggris secara resmi dari penerjermah yang punya lisensi resmi.

      tapi secara praktek sih (saya dan beberapa teman), berangkat hanya menggunakan sim A yang diterjemahkan sendiri ke bahasa inggris. Pihak Wilderness juga ga banyak cang cing cang cong waktu mencatat sim, mereka cuma mencatat langsung dari sim kita bahkan engga ngeliat lagi terjemahannya.

      kalo mau yang pasti terjamin, bikin sim internasional, ga terlalu mahal kok.

  9. hi Suhanti..mauu nanya2 jg ni hehhee..rencananya mauu ke nz feb 2014, setelah married kira2 kl kyk gt pk visa apaan y?? calon suami suda PR di nz, tp akuh blm perna k nz sm sekali.. ada yg blg pk visitor visa general ( lebi dr 6 bln) baru urus2 yg lainnya nnati di nz ..thankyouuu yaaa sblmnya :)

    • Halo, sorry ya replynya agak lama… lagi sibuk belakangan ini.

      Yang biasa visa turis sih, suami istri dipake cuma 1 aja visa turis biasa. tapi kalo untuk yang suaminya uda pr, saya juga kurang mengerti tuh. Coba aja langsung tanya ke AVAC. Mereka ramah dan informatif banget.

  10. Salam kenal mba Suhanti…
    Waduhh bikin iri baca blog nya mba .. jadi pengeeen banget ke NZ. Tp tabungan masih jauuuh banget dr cukup hehhe
    mau tanya nih mbak, kalo mbak sendiri waktu apply dl saldo tabungannya berapa? Trus utk saldo min NZD1000 itu tuk one person atau sekeluarga? Makasih sebelumnya …

    • Halo Septi,

      tenkiu uda mampir di blog. Iya jalan-jalan itu memang butuh dana ga sedikit, terutama kalo pergi ke negeri orang, kecuali bisa jalan ala nebeng (nebeng tidur, nebeng makan, nebeng jalan2…hehe…)

      NZD 1000 itu buat satu orang. Saya pernah baca kok ada yang saldo rek yang diajukan cuma 10 juta bisa lolos aja, rek kita waktu itu diatas NZD 2000. Kalau tabungannya pas-pasan, ya ajuin visa dengan itinerary yang sederhana aja, jangan hopping di terlalu banyak tempat, misalkan batasin hanya di christchurch, lake tekapo en queenstown aja. Logikanya semakin banyak hopping kan semakin dibutuhkan dana yang banyak.

      cheers!

  11. Hai mba suhanti saya Zahra, thanks bngt untuk sharring nya di blog yg bermanfaat bngt buat kita2 yang lagi cari banyak informasi mau ke NZ,.. begini mba saya sama suami rencana feb atau maret 2014 nanti mau ke NZ,.. kebetulan suami ada panggilan kerja disana jd diminta datang untuk interview,.. nah pertanyaan saya neh,. kan mba bilang 1 form bisa suami istri tuh,.. nah kalo tabungan atas nama istri gmn tuh mba? bisa gak ya? trus CC atas nama suami,.. hehe jd bingung saya,. trus saya blom booking tiket c.. mau nya cari tiket promo tapi qt juga mendadak juga kesana, jd ya pake tiket standard aja,.. tp gakk mau beli dlu sebelum di aprove visa nya.. please minta pencerahan nya.. thanks ya

    • Hello Kartika,

      Tenkiu uda mampir di blog. Untuk rek atas nama istri saya kurang ngerti tuh apakah ada pengaruh dalam meminta visa atau tidak, mending langsung tanya ke AVAC.

      Sedangkan untuk penerbangan standar, tinggal booking saja dengan pihak travel, pembatalan tiket paling cuma dikenakan berapa ratus ribu saja.

  12. mbak Hanti, sy ada rencana mau ke NZ buat bertemu pacar sy yg kerja di sana, pasporku msh kosong. rencana seminggu aja, karena jatah cuti cm 1 minggu. enaknya pakai jasa agen atau urus visa sendiri ya mbk, mengingat sy tggl di solo.

    • Hello, langitjua. Tenkiu uda mampir di blog.

      paspor kosong itu bukan jaminan pasti ga dapat visa, soalnya saya baca di beberapa blog, ada saja orang2 yang belum pernah ke luar negeri, bisa saja tembus visanya, selama semua persyaratan bisa dipenuhi maka visa bisa dikeluarkan.

      saya kurang mengerti prosedur mengurus visa di luar kota, bisa coba ditanyakan ke avac (alamatnya di atas), tetapi kalo ga mau ribet sih urusan kirim mengirim admin, memang akan jauh lebih memudahkan memakai jasa travel.

      selamat berjuang yee

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>